Kamis, 01 Juli 2010

Kayong Utara Gratiskan Sekolah Hingga SMA


Kayong Utara Gratiskan Sekolah Hingga SMA

Karimata - Pemerintah Daerah Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat menyediakan anggaran 36 miliar rupiah untuk pendidikan gratis, bagi Sekolah hingga Sekolah Menegah Atas.

“Mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah, di Kayong ini kita gratiskan. Mulai dari uang masuk, SPP, buku dan baju seragam sekolah semua disubsidi. Sumber daya manusia (SDM) di Kayong cukup memprihatinkan,,” kata Bupati Kabupaten Kayong Utara kepada Tempo, Jumat (28/5).

Menurut Hildi, dari total Rp 310 miliar anggaran pendapatan dan belanda daerah Kabupaten Kayong Utara tahun 2010, 23 persen atau Rp 36 miliar telah dialokasikan untuk dinas pendidikan.

“Sebelum pemekaran kabupaten ini tiga tahun lalu, dunia pendidikan di Kayong, lebih parah. Cerita film seperti di Laskar Pelangi masih ada di Kayong, bahkan lebih parah, apalagi di mereka yang tinggal kepulauan Maya Karimata dan kepulauan terpencil lainnya, ada satu dusun yang tidak sekolah sama sekali,” tambah Hildi.

Kepulauan Karimata sendiri terletak kurang lebih 180 Km disebelah Barat Ibu Kota Kabupaten Kayong Utara, Sukadana, Kalimantan Barat.

Di Pulau Maya Karimata sendiri saat ini telah berdiri 18 gedung SD dan 8 Gedung SMP. Masing-masing 2 SD dan 1 SMP di Desa Tanjung Satai, 1 SD dan 1 Madrasah di Desa Satai Lestari, 3 SD dan 1 SMP di Desa Kamboja, 2 SD dan 1 SMP di Dusun Besar, 3 SD dan 3 SMP Satu Atap (Satap) di Dusun Kecil. Dan satu-satunya SMK berada di ibu kota kecamatan.

Abdul Halim, 45 tahun, Pengawas TK/SD, Kecamatan Maya Karimata, mengatakan kegiatan pendidikan di wilayah kepulauan tak semudah di daerah daratan. Minimnya tenaga pengajar, sulitnya transportasi, sulitnya akses informasi membuat segalnya menjadi agak sulit.

“Tenaga guru masih minim, disini 1 guru merangkap 2 kelas. Mungkin karena sulitnya transportasi dan akses informasi belum lagi ditambah sakit malaria itulah yang membuat para guru tak betah berlama-lama dipulau," katanya. (*)

sumber : http://www.tempointeraktif.com/hg/nusa_lainnya/2010/05/28/brk,20100528-250980,id.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar