Kamis, 01 Juli 2010

Pemekaran Kepulauan Karimata Menguat

Senin, 11 Januari 2010 , 10:18:00

DIMEKARKAN: Pulau Maya Karimata yang bakal dimekarkan menjadi dua kecamatan. ANDI/PONTIANAKPOST

KAYONG UTARA --Kecamatan Pulau Maya Karimata akan dimekarkan menjadi dua kecamatan. Tujuan pemekaran tersebut untuk meringkaskan rentang kendali. Kabag Humas dan Protokler Setda Kayong Utara, Tengku Riduan belum lama ini menuturkan proses sosialisasi sudah dilakukan.“Tujuannya untuk meringkaskan rentang kendali, dasar pemekaran dengan penekanan pada unsure geografis yang sangat luas,” kata Tengku Riduan, Kabag Humas dan Protokoler KKU ketika itu.Rencana pemekaran tersebut diantaranya menjadikan Kecamatan Pulau Maya Karimata dan Kecamatan Kepulauan Karimata. Kecamatan baru adalah Kecamatan Kepulauan Karimata yang terdiri dari Desa Betok, Pelapis, dan Padang.

Rencananya Desa Pelapis akan dijadikan sebagai ibukota kecamatan,.Akan tetapi, rencana penetapan ibukota Kecamatan Kepulauan tersebut masih mengundang pertanyaan sejumlah warga. Seperti disampaikan Rasidin,masyarakat desa Padang. Kepada wartawan ia menuturkan berdasarkan sejarah Desa Padang layak menjadi ibukota kecamatan. Pasalnya, dahulu desa Padang sebagai pusat penghubung keresidenan.Tetapi, ia menilai pemerinth daerah pasti punya pertimbangan tertentu sehingga menempatkan Desa pelapis sebagai ibukota kecamatan. Walaupun demikian,Walaupun demikian ia mendukung pembentukan Kecamatan Kepulauan Karimata. Jika ad apendapat berbeda, ia mengajak seluruh elemen untuk menyampaikan saran dan masukan dengan cara yang arif dan bijak.

Rencana pemekaran Kecamatan Pulau Maya Karimata, didukung Hermansyah SK. Pemuda asal Pulau Maya ini menilai, kecamatan PMK sangat luas. Luasnya kepulauan menjadikan rentang kendaliu terbatas. Dengan pemekaran, maka ia berharap dapat meningkatkan pembangunan di daerahnya itu. Belum lama ini ia menuturkan sejak adanya pemakaran kabupaten, tanda-tanda perubahan di kecamatan asalnya sangat kentara. Hal tersebut, baik pembangunan fisik maupun non fisik. “Karena itu kita sangat mendukung program-program yang diluncurkan pemerintah daerah dalam membangun Kayong Utara lebih baik lagi,” ucap hermasyah SK. (ndi)


Sumber : Pontianak Post Online

1 komentar:

  1. Desa Pelapis akan dijadikan sebagai ibukota Kecamatan Kepulauan Karimata menurut saya sangat tepat dan obyektif karena memenuhi PP No 18 Tahun 2008 dan bukan termasuk suaka alam dan pada posisi titik tengah pada kecamatan pemekaran

    BalasHapus